Mau Cicilan Kredit Motor Libur Setahun? ini dia caranya

Bicara masalah kredit pasti disitu juga ada yang namanya cicilan, dua kata yang tak dapat dipisahkan kecuali lunas 😁 berita diatas memang betul nyata bukan HOAX bukan seperti tetangga saya yang ikut ikutan rebus telor jam 12 malam 😂 oke teman teman baca sampai selesai ya karna ini bukan channel youtube MAS IPUNG bisa didengarkan suaranya.



Pada hari selasa (24/03/2020) kemaren pada saat rapat dengan para gubernur di Istana Merdeka Jakarta melalui video conference Bapak Presiden JOKO WIDODO menyampaikan akan memberikan relaksasi atau kelonggaran pembayaran angsuran kredit karna kendala pandemi virus corona yang sedang melanda indonesia.

Dengan adanya kebijakan tersebut spontan saya membuka pesan whatsapp dan ternyata banyak sekali custumer motor Honda saya yang bertanya tentang hal ini, 
pak mulai besok katanya gak usah bayar angsuran? 😱
pak apa ini bener setahun gak usah bayar? 😱
pak cicilan pertama sampai 12 bulan saya gak usah bayar kah? 😱
mulai dari custumer tetangga sampai custumer yang kerja di luar negeri malaysia, dan mungkin anda yang mebaca postingan ini juga mempunyai pertanyaan yang serupa? heehhee berarti anda sahabat setia saya ☺️

karna banyaknya pertanyaan tentang libur bayar cicilan/relaksasi tersebut saya mencoba bertanya ke pihak leasing dan tanggapan dari pihak leasing disuruh menunggu informasi selanjutnya, karna pihak leasing juga menunggu info dan aturan selanjutnya dari pihak leasing pusat maupun OJK.

Memang ada aturan tertentu tentang relaksasi tersebut diantaranya relaksi itu berlaku untuk usaha mikro yang mengambil kredit di perbankan, termasuk pembiayaan di industri keuangan non bank (IKNB), seperti multifinance dan lembaga keuangan mikro.

Dalam situasi saat ini, Jokowi juga menegaskan akan memberikan keleluasaan terkait pembayaran kredit kendaraan bermotor bagi para pekerja moda transportasi dengan tenggat waktu sampai setahun. Misalnya, ojek online.

"Ada keluhan dari usaha mikro, kecil. Saya sudah bicarakan dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) akan beri relaksasi kredit di bawah Rp10 miliar, diberikan penundaan cicilan sampai satu tahun dan penurunan bunga," ujar Bapak Presiden Joko widodo, Selasa (24/3) dikutip dari CNN 

Nah sekarang pertanyaanya? apa syarat dan ketentuan agar bisa libur bayar cicilan motor selama setahun?

seperti yang dikutip dari detik.com Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjawab rasa penasaran para driver ojek online (ojol), taksi online, nelayan hingga para pekerja informal lainnya terkait penundaan bayar cicilan kredit selama setahun. 

Relaksasi ini diberikan pemerintah dalam rangka membantu golongan masyarakat yang terimbas paling parah gara-gara merebaknya virus corona.

Insentif yang diberikan tersebut mengacu pada jangka waktu restrukturisasi yang diatur dalam Peraturan OJK Stimulus. 

Kebijakan cicilan yang dimaksud lebih ditujukan pada debitur kecil antara lain sektor informal, usaha mikro, pekerja berpenghasilan harian yang memiliki kewajiban pembayaran kredit seperti ojol untuk menjalankan usaha produktif mereka.

Misalkan pekerja informal yang memiliki tagihan kepemilikan rumah dengan tipe tertentu atau program rumah sederhana, pengusaha warung makan yang terpaksa tutup karena ada kebijakan work from home atau kerja dari rumah.
Baca juga: OJK Buka Suara soal 'Libur' Bayar Cicilan Kredit

Namun menurut keterangan OJK, Rabu (25/3/2020), pelaksanaan restrukturisasi ini diprioritaskan untuk debitur yang memiliki itikad baik dan terdampak akibat covid. Jika ingin mendapatkan fasilitas tersebut berikut berapa hal penting yang wajib diketahui:

a. Debitur wajib mengajukan permohonan restrukturisasi melengkapi dengan data yang diminta oleh bank/leasing yang dapat disampaikan secara online (email/website yang ditetapkan oleh bank/leasing) tanpa harus datang bertatap muka.

b. Bank/Leasing akan melakukan assesment antara lain terhadap apakah debitur termasuk yang terdampak langsung atau tidak langsung, historis pembayaran pokok/bunga, kejelasan penguasaan kendaraan (terutama untuk leasing).

c. Bank/Leasing memberikan restrukturisasi berdasarkan profil debitur untuk menentukan pola restrukturisasi atau perpanjangan waktu, jumlah yang dapat direstrukturisasi termasuk jika masih ada kemampuan pembayaran cicilan yang nilainya melalui penilaian dan/atau diskusi antara debitur dengan bank/leasing. Hal ini tentu memperhatikan pendapatan debitur yang terdampak akibat covid-19. Informasi persetujuan restrukturisasi dari bank/leasing disampaikan secara online atau via website bank/leasing yang terkait.

Jika informasi diatas belum jelas anda bisa tanyakan langsung ke pihak terkait, terimakasih, semoga informasi diatas bermanfaat, sumber berita CNN dan DETIK.COM 
Mas Ipung Suka Ngeblog dan Ngeyoutube So I Share What I Can Share

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel